Berita Terkini

KPU - PPK Bahas Strategi Meningkatkan Partisipasi Pemilih

Sukoharjo, kpu.go.id- Guna meningkatkan partisipasi masyarakat  dalam Pemilu 2024, KPU Kabupaten Sukoharjo mengelar Rapat Koordinasi Strategi Sosialisasi dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan Persiapan Kirab Nasional Tahun 2024, Rabu (16/8/2023) di RM Ji Nung Telukan Sukoharjo.

Rapat koordinasi dipandu oleh Kordiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM (Sosdiklihparmas dan SDM) Suci Handayani. Membahas strategi sosialisasi dalam upaya mencapai target partisipasi nasional sebesar 81%. Ia menekankan pentingnya memanfaatkan media sosial untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat Sukoharjo, selain tentu saja memberikan sosialisasi kepada semua segmenKPI masyarakat melalui kegiatan sosial yang ada di lingkungan masyarakat seperti pertemuan RT,RW, PKK, KWT, dll.

"Partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 lalu 82,25% dan kita optimis pada Pemilu 2024 bisa mencapai target partisipasi nasional 81%," ujarnya.

Dalam kesempatan rakord tersebut, disampaikan perkembangan sosialisasi yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 12 kecamatan sekaligus tantangan dan kendala yang dihadapi. Secara umum semua PPK dan sebagian besar Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah melakukan sosialisasi dengan sasaran segmen pemilih pemula, perempuan, komunitas dan stakeholders. Sasaran pemilih pemula diberikan kepada pelajar di beberapa SMA setempat, Karang Taruna (KT) sedangkan kelompok perempuan menyasar paguyuban PKK , Kelompok Wanita Tani (KWT), kader posyandu. Sasaran stakeholders yang telah mendapatkan sosialisasi antara lain paguyuban sekretaris desa, perangkat desa. Segmen komunitas seperti komunitas pencak silat, kelompok tani  menjadi prioritas ke depan.

“Sasaran pemilih dari komunitas pencak silat (PSHT) menjadi agenda kami kedepan, sosialisasi menyasar  3 ribuan anggota mereka ,” tutur Rini , Ketua PPK Polokarto.

Senada dengan Rini, Anggota PPK Nguter Fery menuturkan rencana sosialisasi di desa wisata dan komunitas KTNA (Kelompok Tani Nelayan Andalan). " Di tempat kami ada tempat wisata baru dengan pengunjung yang banyak dan ini menjadi sasaran strategis. Sekaligus sasaran kami ke KTNA yang selama ini belum cukup tersentuh sasaran sosialisasi. "

Ketua PPK Tawangsari Muryanto mengatakan segmen pemilih  pemula menjadi  perhatian penting dan salah satu strateginya menitipkan sosialisasi kepada guru-guru. “ Kami titipkan materi coblosan 14 Februari kepada guru untuk disisipkan dalam pelajaran PKN.” Jelasnya.

Satu hal yang masih menjadi kendala yakni terkait alat peraga dan bahan sosialisasi yang dibutuhkan PPK tetapi belum sepenuhnya bisa disediakan, Suci menyarankan PPK untuk kreatif dan berinovasi dengan membuat alat peraga sosialisasi sendiri. “Alat peraga sosialisasi menjadi hal penting untuk menarik perhatian audien kita. Materi yang singkat, menarik dan mudah diingat seperti “ Datang ke TPS 14 Februari 2024, Jangan Golput, Pastikan terdaftar dalam DPT Cek DPT Online, Ayo memilih.”

Selanjutnya  Suci juga membeberkan persiapan KPU Sukoharjo menerima rombongan kirab pemilu nasional yang akan tiba di Sukoharjo pada tanggal 2 Oktober 2023 mendatang. Ada beberapa segmen pemilih di beberapa kecamatan yang menjadi sasaran sosialisasi, untuk itu diharapkan kerjasama dan persiapan PPK setempat, tambah Suci.(sh)

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Telah dilihat 239 kali