KPU Sukoharjo Gelar Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK Pilbup Sukoharjo 2020
KPUSKH-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo hari ini, Kamis (30/1/2020) menggelar seleksi tertulis calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Gedung Graha Mulya, Joho Sukoharjo. Seleksi tertulis hari ini merupakan rangkaian dari proses seleksi calon anggota PPK untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo tahun 2020.
Sebanyak 203 orang mengikuti seleksi tertulis, yaitu laki-laki 143 orang dan 60 perempuan dari 12 kecamatan. Sedianya tes di ikuti 227 orang calon anggota PPK yang memenuhi persyaratan dari seleksi administrasi. Tetapi sampai tes selesai di laksanakan ada 24 orang yang tidak hadir.
“Kami sudah memberikan pengumuman calon peserta tes tertulis lengkap dengan materi tes, lokasi, jadwal tes sejak 28 Januari, tetapi ada 24 yang tidak hadir, “ jelas Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda.
Terkait materi dalam seleksi tertulis terdiri dari 3 tema besar yaitu tentang pengetahuan umum kepemiluan, kedua pengetahuan tehnis seperti pemutakhiran data pemilih, calon perseorangan, logistik , tugas kewajiban wewenang PPK , dan yang ketiga tentang kewilayahan.
Materi tes sudah di atur dalam PKPU dan kami umumkan, sehingga sejak awal kami harapkan tidak ada peserta yang kesulitan dalam mengerjakan, tutur Nuril.
Jumlah soal seleksi tertulis terdiri dari 50 soal pilihan ganda yang dikerjakan dalam 60 menit dengan 4 tipe yang berbeda-beda. Dengan tipe soal yang berbeda ini otomatis setiap peserta yang berdekatan tempat duduknya tidak akan mendapatkan soal yang sama.
Selanjutnya KPU Sukoharjo akan mengumumkan hasil seleksi tertulis pada 3-5 Februari di website, medsos dan kantor KPU. Peserta yang lolos seleksi tertulis akan mengikuti seleksi wawancara.
Sebagaimana diketahui, pendaftar calon PPK sejumlah 265 orang (L=180, P=85) dengan jumlah pendaftar terbanyak dari kecamatan Sukoharjo 40 orang, dikuti kecamatan Kartasura, Grogol dan Bendosari masing-masing dengan 28 pendaftar. Sementara kecamatan Weru paling kecil peminatnya yaitu hanya 14 pendaftar. (SH)